Connect with us

News

Puskesmas Sadabuan Gelar ANC Terpadu ,Edukasi Bumil,Senam sehat dan USG

Published

on

Padang Sidempuan – Dalam rangka menurunkan Angka kematian ibu dalam kehamilan,persalinan dan juga masa nipas pada umumnya menurunkan angka Stunting,Puskesmas Sadabuan bekerjasama dengan Prenagen Lova menggelar Senam ibu hamil dan Pemeriksaan USG di Poned Puskesmas Sadabuan,Jalan HM Syukur Soritua Kelurahan Sadabuan,kecamatan Padang Sidempuan Utara,Senin (27/2/2023) Pagi.

Kepala Puskesmas Sadabuan Giopani Simbolon SKM didampingi Bidan Kordinator dan dr.Rizka, mengatakan kegiatan Senam ibu hamil dan pemeriksaan USG adalah salah satu kegiatan dalam pelayanan selama kehamilan atau prenatal care dimana Senam ibu hamil merupakan terapi latihan gerak yang bertujuan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental saat menghadapi persalinan agar persalinan berjalan normal, cepat ,aman dan spontan.

Sedangkan USG adalah teknik pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menampilkan gambaran bahagian dalam tubuh sehingga bisa mengetahui kondisi dan tubuh kembang janin dalam kandungan.

Giopani Simbolon SKM menjelaskan sebagaimana kita tahu program pemerintah untuk menurunkan Stunting,jadi Stunting itu dimulai dari sejak bayi itu berada di dalam kandungan,mulai terjadi pembuahan baik sampai nanti bayi berumur 2 tahun tetap diberi ASl (Air susu lbu), ASI Eksklusif yaitu mulai lahir sampai 6 bulan langsung di beri ASI tanpa pemberian susu lain atau makanan lainnya dan akan tetap dilanjutkan sampai bayinya berumur 2 tahun,jadi yang kita maksud salah satunya kita mau mengedukasi ibu hamil memberi mereka berupa semangat dan Tips dimana supaya nantinya melahirkan Generasi-generasi penerus yang pintar bisa memajukan kota Padang Sidempuan nantinya yang bakal menjadi pengganti kita,terang Giopani.

” Jangan menganggap Puskesmas hanya sebagai tempat berobat jikalau sakit saja akan tetapi Puskesmas juga tempat dimana kita melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ” .

Ditambahkan Kapus Sadabuan Giopani Simbolon SKM adapun program Puskesmas Sadabuan THN.2023 antara lain, Melayani : BPJS & Umum dengan jenis pelayanan :

*Ruang Tindakan
*Pemeriksaan umum
*Persalinan (24) jam
*Pelayanan KB
*Imunisasi
*Kesehatan Gigi dan mulut
*VCT HIV/AIDS
*Pemeriksaan TB Paru
*Pelayanan PTM (Penyakit Tidak Menular)
*Senam prolanis
*Farmasi
*Laboratorium
*Gizi
Promosi Kesehatan
*PKPR (Pelayanan kesehatan peduli remaja)

  • Penyuluh CATIN (Calon Pengantin)
    *Penyuluh LANSIA

Terpantau juga di Puskesmas Sadabuan para petugas baik bidan maupun perawat melayani pengunjung,pasien dengan senyum dan sapa.

Kapala Puskesmas Sadabuan Giopani Simbolon SKM juga menerangkan apabila ada pasien yang mau berobat menggunakan BPJS Kesehatan tidak akan dikutip biaya begitu juga dengan yang mau bersalin yang pakai BPJS tidak akan di kutip biaya alias gratis,sebutnya.

Terakhir Giovani Simbolon dan jajarannya menyebut, kami siap melayani masyarakat kota Padang Sidempuan khususnya kecamatan Padang Sidempuan Utara demi mewujudkan Generasi Pintar,cegah Stunting sebelum Genting ,Kota Padang Sidempuan yang “BERSINAR” Sebagai mana Arahan Bapak Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nst SH.MM,ucap Giovani Simbolon SKM.(P.Hsb)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2022 KamtibmasPoldasu.com | Web Media by Bekerza.com